Sosialisasi Rumusan IFLA Tentang Peran Perpustakaan Dalam Mendukung TPB

///Sosialisasi Rumusan IFLA Tentang Peran Perpustakaan Dalam Mendukung TPB

Sosialisasi Rumusan IFLA Tentang Peran Perpustakaan Dalam Mendukung TPB

Salemba, Jakarta — Pembangunan berkelanjutan pada abad ke-21 ini dapat dicapai melalui tersedianya akses informasi. Meningkatnya kebutuhan informasi sejalan dengan beragamnya kebutuhan masyarakat. Semua dapat dipenuhi melalui penyediaan akses informasi. Peran yang dapat dimainkan oleh perpustakaan, baik secara layanan tradisional maupun elektronik. Pemerintah telah mengakomodasi Konsep SDGs ini dalam 9 Agenda Prioritas Nasional/Nawa Cita. Perpustakaan Nasional masuk dalam Nawa Cita ke-6, Revolusi Mental dalam konteks pendidikan berkarakter.

Tujuan pembangunan berkelanjutan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Sustainabale Development Goals, disingkat SDGs 2016 – 2030 mempunyai 17 tujuan dengan 169 indikator yang terukur dan telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi. Tujuan ini dicanangkan bersama oleh negara lintas pemerintahan pada revolusi PBB yang diterbitkan pada tanggal 21 Oktober 2015 sebagai ambisi pembangunan bersama hingga tahun 2030, SDGs ini merupakan kelanjutan dari “Milenium Development Goals (MDGs) = Tujuan Pembangunan Milenium (8 tujuan 40 indikator) yang ditanda tangani oleh pemimpin-pemimpin dari 189 negara sebagai deklarasi milenium di Markas Besar PBB tahun 2000, dan sudah berakhir pada tahun 2015.

Perpustakaan adalah institusi yang mampu membantu masyarakat dalam menggunakan hak mereka dalam mengakses informasi, menjaga dan menyediakan akses ke warisan budaya, membantu pemerintah, masyarakat ataupun individu dalam mengembangkan keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan-tujuan mereka sehingga dapat menjadi pilar pencapaian TPB pada tahun 2030, ujar Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana dalam Sosialisasi rumusan IFLA tentang peran perpustakaan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Jakarta, Selasa, 28/2. TPB merupakan agenda dunia dalam rangka mengubah tatanan masyarakat yang lebih baik.

Bersama-sama kita harus sadar bahwa perpustakaan harus dilibatkan dalam perencanaan nasional, implementasi program, pengambilan keputusan serta proses monitoring kebijakan. Indonesia menjadi salah satu contoh di mana perpustakaan memiliki peran besar dalam pengentasan kesenjangan akses informasi karena faktor geografi yaitu dengan program Kapal Perpustakaan Keliling yang mampu menjangkau daerah pulau-pulau terpencil. IFLA sebagai organisasi tingkat duniat turut andil untuk pencapaian SDGs ini salah satunya adalah dengan diundangnya 2 orang teman kita yang merupakan perwakilan dari Perpustakaan Nasional RI dan Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia ke Singapura untuk mengikuti Workshop IFLA tentang SDGs.

Ke-tujuh belas TPB dirumuskan berdasarkan Tujuan Pembangunan Milenium dan mengharapkan kolaborasi bersama antara negara-negara di dunia untuk mengupayakan peningkatan ekonomi, kelestarian lingkungan dan kesetaraan sosial bagi semua orang (Suko).

File Terkait :

 

http://ipi.perpusnas.go.id/wp-content/uploads/2017/02/waka_pp_ipi.jpg

http://ipi.perpusnas.go.id/wp-content/uploads/2017/02/paparan_bu_mekan_n_bu_utami.jpg

 

http://ipi.perpusnas.go.id/wp-content/uploads/2017/02/foto_bersama_para_peserta.jpg

By | 2017-10-10T01:39:10+00:00 Maret 2nd, 2017|Berita dan Artikel|